Tugas Psikologi
Pendidikan
Kelompok 6
Via Dwi Wulandari 161301003
Helen Oktavia S 161301006
Fernaldo Frans 161301021
Erika Sustari 161301031
Vania Salsabyla 161301033
Risky Amelia Saragih 161301061
M Prananda Sikumbang 161301068
·
Classical Conditioning
-
Ketika awalnya seseorang melihat pria
berjubah putih, mengenakan peci, dan berjenggot tanpa menimbulkan reaksi
apapun. Setelah ia mendengar beberapa berita tentang teroris yang melakukan
aksi pengeboman dimana tersangkanya memiliki ciri-ciri yang sama dengan pria
yang ia lihat sebelumnya, ia mulai mencoba untuk menjauh ketika melihat pria
dengan ciri-ciri tersebut.
Stimulus netral = pria
yang berjubah putih, mengenakan peci dan berjenggot.
Unconditioned stimulus
= pengeboman.
Unconditioned respond =
takut.
Conditioned stimulus =
pria yang berjubah putih, mengenakan peci dan berjenggot (yang telah
dipasangkan dengan unconditioned stimulus)
Conditioned respond =
takut dan menghindar.
-
Seorang ibu yang tidak memberikan respon
apa apa ketika melihat anaknya terdiam, meskipun ia tahu bahwa anaknya memiliki
tipe periang. Setelah beberapa menit kemudian,
anaknya terserang asma dengan diikuti perilaku si anak yang terlihat
susah bernafas dan menghasilkan mengi akibat menyempitnya saluran pernafasannya,
si ibu akhirnya panik dan memberikannya obat. Akhirnya setiap kali si ibu
melihat anaknya terdiam, ia meresponnya dengan sikap panik.
Stimulus netral = anak
terdiam.
Unconditioned stimulus
= anak terserang asma.
Unconditioned respond
=panik.
Conditioned stimulus =
anak terdiam (yang telah dipasangkan dengan unconditioned stimulus).
Conditioned respond =
panik.
-
seorang guru ingin memberikan suatu
stimulus agar para muridnya tidak membuat keributan ketika ia masuk kelas. Pada
percobaan pertama, ketika guru masuk kelas dan mendapati muridnya masih membuat
keributan, guru tersebut memukul papan tulis agar muridnya diam. Pada beberapa
kali perlakuan yang sama, para murid langsung tertib ketika melihat guru mereka
datang, padahal guru itu tidak lagi memukul papan tulis.
Unconditioned stimulus
: Guru
Unconditioned Response
: keributan anak murid saat guru datang
Conditioned Stimulus :
pada saat guru memukul papan tulis
Conditioned Response :
ketika para murid sontak langsung tertib ketika dipasangkan dengan conditioned
stimulus
-
Seorang wanita terkena suatu penyakit
yang disarakan oleh beberapa dokter untuk segera dioperasi. Pada saat
konsultasi pertama, dokter menyarankan ia untuk melakukan operasi. Karena
takut, wanita itupun pergi menemui beberapa dokter lain terus menerus namun
para dokter tetap mengatakan ia harus dioperasi. Hal itu membuat wanita
tersebut takut untuk mendatangi rumah sakit lagi.
Unconditioned stimulus
: anjuran operasi
Unconditioned Response
: rasa takut karena anjuran operasi
Conditioned Stimulus :
saran dari dokter
Conditioned Response :
saat ia merasa takut karena saran dari dokter
-
Anita sering sekali mendengar suara
ambulance ketika lewat didepan rumahnya, karena rumah sakit berada dijalan yang
sama dengan rumahnya. Setiap kali ambulance itu sampai selalu saja orang yang
ingin diselamatkan tidak tertolong dan Anita pun mengucapkan “inna lillahi wa
inna ilaihi raji’un” setiap kali ambulance itu lewat. Tanpa melihat apakah ada
orang yang meninggal pada saat ambulance lewat Anita pun tetap mengucapkannya.
Unconditioned stimulus
: orang yang tidak tertolong nyawanya
Unconditioned Response
: mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
Conditioned Stimulus :
suara ambulance
Conditioned Response :
saat anita mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un karena mendengar
suara ambulance
·
Operant Conditioning
-
Dulu saya jarang mau untuk mengantar
orangtua saya ke suatu tempat, tetapi orangtua saya mulai mumbujuk dan akan
memberikan saya tambahan uang jajan jika saya mau mengantar mereka ke suatu
tempat. Maka dari itu saya sekarang mau mengantar orangtua saya karena adanya
tambahan uang jajan yang diberikan.
-
Waktu saya kecil saya sering ngompol
tiap malam hari dan saya tidak mau buang air kecil sebelum tidur, sehingga mama
saya mengatakan kepada saya jika saya mengompol lagi maka mama saya akan adukan
saya ke guru disekolah dan mengatakan kepada teman teman saya bahwa saya suka
ngompol. Karena hal tersebut, saya menjadi takut jika saya ngompol dimalam
hari, saya akhirnya ingat dan selalu buang air kecil sebelum tidur untuk
menghindari saya mengompol lagi pada malam hari.
-
Susan yang pernah mengalami suatu
kecelakaan karna hujan dan kondisi jalan yang rusak. Setelah sembuh, setiap
kali melintas di jalan tersebut dengan kondisi hujan, susan selalu merasa cemas
dan panik serta mengurangi kecepatan sepeda motornya.
-
Seorang anak kecil yang nakal
ditakut-takuti oleh ibunya kalau dia nakal maka orang yang berbadan tinggi
besar dan berambut gondrong di persimpangan gang rumahnya akan datang dan membawa
anak tersebut bersamanya. Maka setiap kali anak itu melihat orang yang berbadan
tinggi besar itu, ia langsung lari dan bersembunyi.
-
Ketika baron ingin berangkat ke Masjid
untuk mengaji, ia selalu saja mencium tangan kakeknya dan diberi uang jajan
yang lebih dari kakeknya sehingga Baron selalu saja mencium tangan kakeknya
ketika akan pergi kemana pun.
·
Cognitive Conditioning
-
Seorang
anak yang memiliki orang tua dengan tingkat kepercayaan dan tinggat depresi
yang cukup tinggi dalam mengambil keputusan saat dalam masalah, maka anak
tersebut berfikir secara lebih mendalam tentang cara menyelesaikan masalah
tanpa berfikir panjang.
-
Budi
menanamkan pada dirinya untuk selalu menjadi siswa yang rajin dan mendapat
nilai bagus, pada hasilnya ia menghasilkan ekspektasi positif dalam dirinya dan
kemampuannya.
-
Di
rumah, ibu selalu mengajar dengan metode memberikan gambar atau video yang
menarik sesuai dengan topik pembelajaran anak. Dalam hal ini metode
pembelajaran seperti ini yang kemungkinan lebih diingat dan diperhatikan oleh
sang anak.
-
Seorang anak belajar dalam menyusun lego
dengan bentuk yang anak tersebut inginkan
-
seorang driver taksi Blu Bird memilih
rute yang “memutar” daripada rute yang lebih singkat ketika mengantar penumpang
untuk mendapat biaya yang lebih tinggi
0 komentar:
Posting Komentar